Langsung ke konten utama

Minat Membaca Pelajar : Romansa atau Pembelajaran?


  Membaca adalah suatu kegiatan untuk memperoleh pengetahuan dan informasi yang lebih. Membaca merupakan jendela dunia, dengan membaca kita dapat mengetahui apa yang belum di ketahui. Semakin banyak kita membaca semakin banyak juga pengetahuan yang kita dapat dan luasnya informasi yang kita dapat. Sehingga, seseorang yang banyak membaca memiliki kualitas yang lebih dari orang yang sedikit membaca.

  Membaca merupakan jendela ilmu untuk kita mencari informasi, minat baca sangat lah penting terutama pada anak anak yang masih duduk dibangku sekolah. Dengan membaca , wawasan kita akan semakin luas, dan juga akan menambah ilmu.

  Namun nyatanya, kondisi perkembangan minat baca dan kemampuan membaca masyarakat Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Menurut data statistik dari United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO), dari total 61 negara, Indonesia berada di peringkat 60 dengan tingkat literasi rendah.

  Terutama di kalangan masyarakat dan khususnya remaja. Banyak remaja Indonesia yang masih belum ada kesadaran dalam pentingnya membaca. Terlebih remaja merupakan generasi penerus yang diharapkan bisa menjunjung tinggi martabat negeri. Yang mana harus mampu untuk berpikir kritis dan berwawasan luas agar bisa bersaing dengan daerah bahkan negara lain.

  Dapat kita lihat juga, di kalangan remaja saat ini, mereka lebih berminat membaca kisah entah itu di novel atau aplikasi novel digital, yang berkaitan dengan romansa. Bukankah itu cukup mengkhawatirkan? Generasi muda zaman sekarang, lebih tertarik dengan kisah romansa dibandingkan buku pelajaran?

  Memang, buku pelajaran itu cukup membosankan, membuat kita mengantuk. Tapi itu bukan berarti, kita lebih memilih novel romansa ketimbang buku matematika, kan?

  Sebagai generasi muda penerus bangsa, sudah sepatutnya kita juga membaca buku-buku pelajaran guna menambah ilmu pengetahuan untuk memajukan bangsa kita.

  Boleh kok membaca novel romansa, tapi jangan lupakan juga tugas kita, khususnya sebagai pelajar, untuk membaca dan mempelajari buku pelajaran, ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemajuan Teknologi PT PAL Indonesia

Pertahanan Militer sudah semestinya diperlukan negara di seluruh dunia guna menciptakan perdamaian negara kawasan dan menjaga tanah air nya dari gangguan asing. Indonesia sebagai Nusantara yang luas dikelilingi oleh lautan diantara pulau-pulau dari sabang sampai merauke membutuhkan pertahanan yang kuat dan besar dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi terhadap bangsa Indonesia. banyak cara yang dilakukan pemerintah indonesia untuk memperkuat Pertahanan negara, salah satu caranya adalah mengembangkan kemandirian dalam membangun berbagai teknologi tempur dalam negeri. Bergamini Class Fremm Frigate dalam menunjang pertahanan indonesia, PT PAL indonesia juga turut ikut andil dalam berkontribusi pertahanan maritim laut di nusantara. PT PAL Indonesia sendiri adalah anak perusahaan dari Len Industri yang bergerak di bidang Pembuatan kapal. banyak sekali karya PT PAL yang sudah terkenal dan tersebar di indonesia, bahkan sampai keluar negeri. Adapun beberapa kapal yang telah dibua

Membebaskan Diri dari Jeratan People Pleaser

  Ingin Bahagia ? Belajarlah untuk Berkata Tidak...   --- Apakah lo sering merasa perlu menyenangkan orang lain, bahkan dengan mengorbankan kebutuhan atau keinginan lo sendiri? Apakah lo sulit mengatakan tidak, mengekspresikan pendapat lo, atau menetapkan batasan dengan orang lain? Apakah lo merasa rendah diri, lelah, dan tertekan karena selalu berusaha memenuhi harapan orang lain? Jika jawaban lo ya, kemungkinan besar lo termasuk tipe orang yang disebut people pleaser. People pleaser adalah orang yang mengutamakan kebutuhan dan harapan orang lain daripada dirinya sendiri. Mereka biasanya bersikap ramah, membantu, dan baik hati. Namun, perilaku ini bisa berdampak negatif bagi diri mereka sendiri dan hubungan mereka dengan orang lain. Dalam artikel ini, gue, Yuza, seorang penulis lepas suara pelajar yang berminat dalam psikologi dan pengembangan diri, akan membahas beberapa langkah yang bisa lo lakukan untuk membebaskan diri dari jeratan people pleaser. Selamat membaca! --- People pleas

Tujuan Suara Pelajar